CESO (Chemical Engineering Orientasi Students)


         HMTK Intitut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta adalah sebuah organisasi yang berkecimpung dalam kimia, yang berlokasi di jalan kalisahak 28, balapan, Yogyakarta. Organisasi ini sudah berdiri sejak 16 Juni 1989. Di organisasi ini merupakan wadah untuk mempererat rasa kekeluargaan, komunikasi, dan transfer informasi antar mahasiswa teknik kimia. Keberadaan HMTK di Institut Sains & Teknologi, Yogyakarta juga menjadi wadah untuk meningkatkan wawasan keilmuan, keprofesionalan, di bidang teknik kimia dan kemahasiswaan pada umumnya. Para anggota dari HMTK adalah seluruh  mahasiswa akademi  jurusan teknik kimia di Intitut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta.
            Untuk mahasiswa baru teknik kimia untuk menjadi anggota resmi dari HMTK IST AKPRIND, Yogyakarta, harus mengikuti serangkaian kegiatan yang telah di tetapkan himpunan. Nama kegiatanya adalah CESO  yang terdiri dari beberapa kegiatan dari ospek jurusan, makrab, serta LDO. Kegiatan tersebut di adakan setelah SASIDIWA 2013 yang di adakan bulan september.

           
CESO ( Chemical Engineering Student Orientation )

     CESO adalah suatu kegiatan program kerja dari HMTK IST AKPRIND , Yogyakarta, yang gunanya untuk menrekrut anggota baru HMTK IST AKPRIND, Yogyakarta dari mahasiswa baru teknik kimia IST AKPRIND ,Yogyakarta. Kegiatan ini di adakan setelah SASIDIWA Institut Sains & teknologi AKPRIND,Yogyakarta. CESO terbagi dari beberapa kegiatan mulai dari Ospek Jurusan, MAKRAB, dan LDO (Latihan Dasar Organisasi) . kegiatan di mulai dari  Ospek Jurusan .

 
 Ospek Jurusan (OJ)
                                                                       
      Ospek Jurusan (OJ) merupakan kegiatan pertama dalam CESO yang diadakan  untuk mahasiswa baru. Kegiatan Ospek Jurusan yang di laksanakan pada tanggal 14,21, dan 28 September 2013 di isi dengan infomasi dan pengetahuan mengenai Jurusan Teknik Kimia mulai dari pengenalan hingga masa depan dari teknik kimia itu sendiri. Disini mahasiswa baru dapat berkomunikasi secara langsung dengan narasumber, kegiatan ini berguna untuk mahasiswa baru dalam mengenal organisasi, membangun komunikasi antara sesama mahasiswa baru , maupun dengan pengurus Himpunanan Mahasiswa Teknik Kimia. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini merupakan dasar untuk mahasiswa yang mau terjun  langsung ke dalam organisasi.  

Malam Keakraban ( MAKRAB )

     MAKRAB (Malam Keakraban) merupakan kegiatan yang dilakukan setelah  Ospek Jurusan teknik kimia Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta. Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2013 di desa Wisata Kalor Turi, Sleman. Pada kegiatan ini mahasiswa baru akan ditantang untuk lebih berani melalui kegiatan yang menantang keberanian mereka. Selain keberanian individu yang akan ditantang pada kegiatan ini, kekompakan dan kerjasama dalam tim / kelompok juga akan diuji melalui serangkaian kegiatan. berbagai acara seru dan menyenagkan diadakan hari itu games,outbound, pensi, dan jalan malam. Selain itu MAKRAB ini juga berguna untuk mempererat rasa kekeluargaan Mahasiswa Teknik Kimia IST AKPRIND, Yogyakarta. 
 









keseruan saat makrab 2013


LDO (Latihan Dasar Organisasi )

    Latihan Dasar Organisasi (LDO) merupakan rangkaian kegiatan CESO yang teakhir di sinilah para mahasiswa baru dikenalkan tentang organisai, mulai belajar bagaiaman cara berorganisasi dengan baik. Kegiatan di laksanakan pada tanggal 19 november 2013 yang bertempat di kampus Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta.  Pada kegiatan LDO ini para mahasiswa di berikan infomasi yang berguna untuk di terapkan dalam kehidupan sehari hari. Dan sama seperti seperti Ospek Jurusan mahasiswa juga dapat bertanya kepada narasumber yang ada. Pada kegiatan ini mahasiswa juga praktek secara langsung cara berorganisasi dengan  baik, merekan juga belajar langsung tentang praktek sidang umum yang biasa di lakukan oleh HMTK HMTK IST AKPRIND, Yogyakarta.
 
Memang kegiatan CESO di akui banyak menyita waktu dan tenanga tapi di balik itu semua banyak hikmah yang dapt diambil dari kegiatan ini. Seperti kita dapat menambah relasi yang lebih banyak, dan pikiran kita lebih terbuka lebar. kegiatan ini bukan hanya kegiatan tahunan yang di lakukan oleh HMTK IST AKPRIND, Yogyakarta, melainkan kagiatan yang semakin membuat kedekatan antara mahasiswa teknik kimia.
   

Postingan populer dari blog ini

Cerpen Kimia: Karbon si Tangan Empat

CESO