BKKMTKI Wilayah III dan Latihan Dasar Organisasi-nya

          Sebagai seorang mahasiswa, rasanya kurang afdol kalau belum berpartisipasi dalam kegiatan keorganisasian, baik itu UKM, HM/KM, maupun organisasi-organisasi lainnya. Memang, berpartisipasi dalam kegiatan keorganisasian akan menyita banyak waktu kita dan tentunya akan berpengaruh pada proses perkuliahan kita. Namun timbal baliknya, akan banyak ilmu-ilmu bermanfaat yang kita dapatkan dan tentunya akan berguna kelak saat kita memasuki dunia yang sesungguhnya.

      Dilingkup internal kampus, mahasiswa teknik kimia IST AKPRIND Yogyakarta memiliki HMTK sebagai wadah untuk menampung kreativitas, saran, maupun keluh-kesah dari mahasiswanya. Sedangkan dilingkup eksternal kampus, mahasiswa teknik kimia dari sabang sampai merauke memiliki suatu organisasi bersama. Nama organisasi itu adalah BKKMTKI (Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia). Sejarah singkat terbentuknya BKKMTKI adalah saat diselenggarakannya Konvensi BKK-PII di Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada tanggal 2 – 4 Juli 1985. Dari sana, tercetuslah ide pembentukan wadah komunikasi mahasiswa teknik kimia yang bertujuan untuk menaungi aktivitas mahasiswa teknik kimia diseluruh Indonesia serta meningkatkan kualitas mutu lulusan teknik kimia dan menghilangkan/mengurangi sikap ego almamaterisentris.


Pada tanggal 18 April 1994, BKKMTKI secara resmi ditetapkan sebagai satu-satunya organisasi antar senat mahasiswa sejenis (IOMS) bidang Teknik Kimia di Indonesia oleh Dirjen DIKTI melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 101/DIKTI/Kep/1994. Saat ini BKKMTKI terbagi menjadi 5 wilayah, meliputi wilayah I (Sumatera), wilayah II (Jawa Barat, Jakarta, Banten), wilayah III (Jawa Tengah, Yogyakarta), wilayah IV (Jawa Timur, Malang), wilayah V (Kalimantan Timur, Makassar).


          Salah satu faktornya adalah miss komunikasi antar pengurus. tidak dapat dipungkiri, hal itu merupakan penyakit akut bagi kebanyakan organisasi yang sampai saat ini belum ditemukan obat penawar yang ampuh. Kita tahu bahwa langkah awal akan berpengaruh pada baik buruknya hasil akhir sehingga jika diimplementasikan pada organisasi, proses regenerasi pengurus akan berpengaruh pada kelanjutan dari organisasi tersebut.
            Sebelum melakukan regenerasi, alangkah baiknya jika memberikan pelatihan terhadap kader-kadernya terlebih dahulu. Dalam organisasi, hal tersebut sering disebut LDO (Latihan Dasar Organisasi). Bagi BKKMTKI, LDO merupakan hal yang sangat penting sehingga kegiatan ini dijadikan sebagai progam kerja tahunan. Untuk kepengurusan BKKMTKI wilayah III, LDO telah dilaksanakan pada akhir Maret 2013. Bertempat di kampus I Universitas Muhammadiyah Purwokerto, LDO BKKMTKI wilayah III tahun ini bertemakan “Menumbuhkan semangat organisasi dan rasa memiliki BKKMTKI guna membentuk mahasiswa teknik kimia yang cakap berorganisasi dan jiwa kepemimpinan”. Bertujuan untuk Menghasilkan calon pengurus BKKMTKI yang kompeten dan berjiwa kepemimpinan, LDO kali ini diisi dengan pemaparan materi yang berkaitan dengan organisasi, diantaranya tentang “Kepemimpinan” yang disampaikan oleh Bhagus Alfiyan, S.T. (Sekda BKKMTKI wilayah 3 periode 2010-2012) dan “Manajemen Waktu” yang disampaikan oleh Endar Puspawiningtiyas, S.T., M.T. (dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Selain itu, adapula games-games maupun kegiatan lain yang bertujuan untuk memupuk kebersamaan antar mahasiswa teknik kimia Jateng-DIY, juga untuk menumbuhkan semangat berkompetisi dengan sportif.





 Setelah berpartisipasi dalam kegiatan LDO ini, diharapkan kepada para delegasi yang telah diutus dapat memanfaatkan ilmu-ilmu yang telah didapat untuk diaplikasikan terhadap organisasi–organisasi yang diikutinya. Sedikit potongan materi yang dapat penulis sampaikan bahwa “Seorang pemimpin harus tahu karakter setiap anggotanya”. Karakter-karakter tersebut dapat dikelompokkan menjadi tingkatan sebagai berikut :

D1
Tidak Mampu × Tidak Ingin
D2
Tidak Mampu × Berkeinginan
D3
Mampu           × Ragu
D4
Mampu           × Berkeinginan







Jadi, sampai dimana tingkat karakter anda ?? (lintz)

Postingan populer dari blog ini

Cerpen Kimia: Karbon si Tangan Empat

CESO (Chemical Engineering Orientasi Students)

CESO